-->

btrieve error status: 3012 & Cannot access database (error = 2)

Assalamualaikum wr.wb

berikut akan saya bagi tutorial tentang solusi untuk memperbaiki problem btrieve error status: 3012 & Cannot access database (error = 2) pada aplikasi ACCPAC ataupun pada Pervasive.SQL

#Penyebab
Terkadang ketika kita mencoba untuk otak-atik pada system di komputer maka tidak sengaja ikut merubah setting database yang tidak seharusnya kita sentuh

Solusi #1
1. masuk pada Pervasive.SQL Control Center.
2. masuk di menu Configuration pilih Access
3. pada tab sebelah kanan :
> klik 2x di Local, ubah value menjadi Off dan klik OK.
> klik 2x di Requester, ubah value menjadi Off dan klik OK.
> klik 2x di Target Engine, ubah menjadi Server only dan klik OK.
4. selanjutnya pada tab sebelah kiri di menu Client-16 bit masuk di menu Access.
5. pada tab sebelah kanan :
> klik 2x di Use Local MicroKernel Engine ubah value menjadi Offdan klik OK.
6. pastikan di Use Remote MicroKernel Engine value telah di atur menjadi On dan Remote Engine diatur menjadi accept remote requests.

jika solusi pertama masih belum bisa atau menu perintah tidak tampil, maka kalian bisa menggunakan,

Solusi #2
1. masuk pada Pervasive.SQL Control Center.
2. masuk di menu Configuration, lalu klik kanan pilih Maintain Name Database


3. maka akan muncul tampilan seperti dibawah berikut, lalu perbaiki link Dictionary Location dan Data File Location sesuai dengan letak data yang sebenarnya di komputer/laptop anda masing-masing. dibawah ini adalah contoh dari link yang benar yang ada di komputer saya


4. jika semua database pada tab Registered DB Name sudah diperbaiki semua maka klik Apply lalu Ok

5. step terakhir silahkan coba buka lagi aplikasi yang bermasalah pada komputer / laptop pada agan-agan tersebut.

Semoga berhasil.... jika ada permasalahan lain silahkan komentar di bawah,,

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments